Kamis, 19 Januari 2017

Edit Posted by with No comments
Struktur dan Fungsi CPU
CPU merupakan komponen terpenting dari sistem komputer. CPU adalah komponen pengolah data berdasarkan instruksi – instruksi yang diberikan kepadanya. CPU terdiri dari dua bagian utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika (ALU). CPU atau Central Processing Unit  dapat dikatakan juga otak dari komputer itu sendiri Sebuah komputer paling canggih sekalipun tidak akan berarti tanpa adanya CPU yang terpasang di dalamnya. Dalam kesehariannya CPU memiliki tugas utama untuk mengolah data berdasarkan instruksi yang ia peroleh. CPU sendiri sebenarnya masih terbagi atas beberapa komponen yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu unit pengolahan Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang berukuran kecil yang disebut register. (Chairul, 2015)
  •  Fungsi CPU

{ Menjalankan program-program yang disimpan dalam memori utama dengan cara mengambil instruksi-instruksi, menguji instruksi tersebut dan mengeksekusinya satu persatu sesuai alur perintah.
{ Pandangan paling sederhana proses eksekusi program adalah dengan mengambil pengolahan instruksi yang terdiri dari dua langkah, yaitu : operasi pembacaan instruksi (fetch) dan operasi pelaksanaan instruksi (execute). (Adhie, 2013 )

  • Aksi CPU

{ CPU  -  Memori, perpindahan data dari CPU ke memori dan sebaliknya.
{ CPU  -  I/O, perpindahan data dari CPU ke modul I/O dan sebaliknya.
{ Pengolahan data, CPU membentuk sejumlah operasi aritmatika dan logika terhadap data.
{ Kontrol, merupakan inrtuksi untuk pengontrol fungsi pengontrolan fungsi atau kerja. Misalnya intruksi pengubahan urusan eksekusi. (Astari, 2015)

  • Komponen Utama CPU

{ Arithmetic and Logic Unit (ALU)
{ Control Unit
{ Registers
{ CPU Interconnections (Astari, 2015)

Selengkapnya Klik Disini >>



Biodata : 
Nama : Novi Nur
Sekolah : SMK ISLAM 1 Blitar
Motto : Kerja Keras merupakan kata lain dari keajaiban

0 komentar:

Posting Komentar