Kamis, 04 Agustus 2016

Edit Posted by with No comments
SISTEM INPUT – PROSES – OUTPUT

Pengertian
Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor.
Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer. (Perkasa, 2016)
Output adalah komponen yang berfungsi mengeluarkan data-data yang berbentuk informasi setelah dari proses.  (noerifahrd, 2016)

A. Sistem Fungsi dan Struktur Masukan
System input adalah suatu jaringan yang bekerja sama dan saling berhubungan untuk memasukkan data kedalam system komputer yang akan diolah oleh suatu program tertentu melalui sebuah perangkat masukkan (input device).
Y FungsiMasukkan (Input)
·           Kontrol dan pewaktuan
·           Komunikasi CPU
·           Komunikasi perangkat eksternal.
·           Pembufferan data
Y  StruktrurMasukkan (input)
·           Interupsi input, untuk memulai operasi input
·           DMA (Direct Memory Access), yaitu metode penanganan input
·           Perbedaan dalam penangananin terupsi.
(PUSPANDA HATTA & AGUS TRI HARYANTO, 2013)

B.  Teknik Input – Output
1.    I/O Terprogram
Data saling dipertukarkan antara CPU dan modul I/O. CPU mengeksekusi program yang memberikan operasi I/O kepada CPU secara langsung, seperti pemindahan data, pengiriman perintah baca maupun tulis, dan monitoring perangkat. Kelemahan teknikini adalah CPU akan menunggu sampai operasi I/O selesai dilakukan modul I/O sehingga akan membuang waktu, apalagi CPU lebih cepat proses operasinya. Dalam teknik ini, modul I/O tidak dapat melakukanin terupsi kepada CPU terhadap proses-proses yang diinterupsikan padanya.
2.    Interrupt – Driven I/O
Prosesnya adalah CPU mengeluarkan perintah I/O pada modul I/O, bersamaan perintah I/O dijalankan modul I/O maka CPU akan melakukan eksekusi perintah-perintahlainnya. Apabila modul I/O telah selesai menjalankan instruksi yang diberikan padanya akan melakukan interupsi pada CPU bahwa tugasnya telah selesai.
3.    Direct Memory Access (DMA)
Prinsip kerja DMA adalah CPU akan mendelegasikan kerja I/O kepada DMA, CPU hanya akan terlibat pada awal proses untuk memberikan instruksi lengkap pada DMA dan akhir proses saja. Dengan demikian CPU dapat menjalankan proses lainnya tanpa banyak terganggu dengan interupsi.






Nama        : Novi Nur Fadhilatul N.
Sekolah     : SMK ISLAM 1 BLITAR

Motto        :  Hard work is another word for miracle








Download

0 komentar:

Posting Komentar